CARA MENGAJAR TENTANG JAM DALAM BAHASA ARAB YANG MENYENANGKAN (Pelajaran Jam-Bahasa Arab Kelas VIII MTs dan Kelas VI MI)
CARA MENGAJAR
TENTANG JAM DALAM BAHASA ARAB YANG
MENYENANGKAN
(Pelajaran
Jam-Bahasa Arab Kelas VIII MTs dan Kelas VI MI)
Oleh: Fina
Lailatul Masruroh
Sebagaimana
pelajaran bahasa Inggris, bahasa Arab juga menjadi pelajaran yang bagi
kebanyakan siswa sangat sulit. Mereka harus tau membaca bahasa Arab yang bukan
bahasa mereka sendiri, dan mampu menulis Arab sedang sehari-hari sudah terbiasa
menulis latin. Saya selalu berfikir keras bagaimana agar pembelajaran ini bisa
diterima dengan mudah dan menyenangkan oleh anak-anak.
Sejak dulu saya
suka mengajar dengan cara bernyanyi dan main game. Hari ini, saya punya ide
untuk ikut melibatkan hobi mereka dalam belajar bahasa Arab. Setelah menulis
materi di papan tulis (tentang jam dalam bahasa Arab) saya minta setiap anak
untuk menuliskan hobi atau kesukaan mereka di lembar bagian bawah. Lalu saya
catat setiap hobi mereka.
Pelajaran kali
ini saya isi dengan game lempar tanya cepat. Jadi setiap anak melempar
pertanyaan pada teman di sisinya dan temannya itu harus tangkas menjawab dalam
waktu kurang dari 5 detik. Kalau salah, tidak tau jawabannya atau lewat dari waktunya maka akan dihukum
dengan coretan kapur di pipi mereka.
Setidaknya dengan
game ini ada beberapa keuntungan yang diperoleh:
1.
Anak didik mulai
ingat kosa kata jam 1 sampai jam 12 dalam bahasa Arab
2.
Melatih
ketangkasan
3.
Melatih keberanian
untuk bertanya dan menjawab
4.
Mengetahui
apakah siswa tersebut bisa membaca tulisannya sendiri dalam bahasa Arab
5.
Agar
pembelajaran tidak monoton dan membosankan.
Setiap pembelajaran
bahasa Arab saya juga mencatatkan materi di papan tulis, namun tidak banyak
agar tidak mengurangi jam belajar. Hal ini merupakan salah satu upaya
pembiasaan menulis dengan bahasa Arab. Setelah itu saya mendikte bacaan dan
murid mengikutinya, hal ini untuk melatih maharah kalam. Bagaimana mereka bisa
mengucapkan lafal bahasa Arab,karena tidak semuanya lancar dan fasih berbahasa
Arab.
Nah baru lah di
akhir pembelajaran saya menugaskan materi kali ini sesuai minat dan bakat
masing-masing. Berikut beberapa contoh tugas sesuai hobi anak didik:
1.
Jika anak didik
suka melukis atau menggambar, maka saya tugaskan dia untuk menggambar jam
sekaligus menuliskannya dalam bahasa Arab.
2.
Jika anak didik
suka membuat lagu, maka saya tugaskan dia untuk mengarang lagu tentang jam
dalam bahasa Arab
3.
Jika anak didik
suka menulis, maka saya tugaskan dia untuk menulis kalimat dalam bahasa Arab
yang banyak agar tulisannya dalam bahasa Arab bisa mapan
4.
Jika anak didik
suka traveling (jalan-jalan) maka saya tugaskan dia untuk jalan-jalan dan
mencatat jam-jamnya. Misal jam sekian dia berada di sini, jam sekian ada di
sini. Tentunya dalam pencatatan jam, menggunakan bahasa Arab.
5.
Jika anak
didik suka game atau olahraga, maka saya tugaskan dia untuk menuliskan jam
berapa saja dia main game dan berolahraga. Penulisan jam tentu dalam bahasa
Arab
6.
Jika anak didik
sama sekali tidak tau menulis dan membaca bahasa Arab maka di minggu tersebut
saya menugaskan anak yang lebih pintar untuk mengajarinya menulis/membaca
bahasa Arab secara inten setiap hari. Ini salah satu metode pengajaran teman
sebaya.
Demikian
beberapa trik mengajar bahasa arab, semoga bermanfaat. J
Komentar
Posting Komentar